E-mail (Electronic Mail)

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Untuk dapat menggunakan fasilitas di e-mail, terlebih dahulu harus memiliki account dengan cara mendaftar untuk mendapatkan alamat e-mail di salah satu situs penyedia jasa e-mail. Beberapa penyedia jasa e-mail adalah: www.yahoo.com , www.hotmail.com , www.gmail.com dan lain-lain.
Bagi pengguna internet yang sudah mendaftarkan diri akan mendapatkan alamat e-mail yang terdiri dari User ID disertai nama situs yang digunakan.
Contoh alamat e-mail adalah: sherly_lie@yahoo.com
sherly_lie merupakan User ID
@yahoo.com merupakan nama situs

E-mail dari mulai ditulis, diketik, dikirim, hingga diterima dan dibaca semua ditangani secara elektronis. Ketika e-mail ditulis, kita menggunakan MUA (Mail User Agen) atau lebih dikenal e-mail client.Dan pada proses pengiriman ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agen) atau disebut juga mail server. Para pengirim e-mail memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik salam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, menyunting dan mengirimkan pesan e-mail.

Kelebihan dari e-mail adalah
  1. Cepat karena hanya perlu beberapa menit
  2. Dapat mengirim file yang beragam seperti file.doc , excel, mp3, video dan lain-lain
  3. Kapan saja dan dimana saja
  4. Multiple send=dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus
  5. Biaya lebih murah
Kekurangan dari e-mail adalah
  1. Harus online/connect ke internet
  2. Yang dikirim hanya text dan gambar, tidak bisa mengirim paket
  3. Harus ingat username dan password
  4. Sumber virus jika tidak dipahami
Setelah membahas tentang e-mail, terdapat juga beberapa bagian yang berhubungan dengan e-mail yaitu CC dan BCC.

CC (Carbon Copy)
Ketika menghendaki bahwa disamping penerima utama yang ditulis di kolom to ada juga tembusan yang dikirim ke alamat lain yang ditulis pada kolom CC. Dalam hal ini, seluruh penerima juga akan saling mengetahui kepada siapa saja e-mail sejenis dikirimkan dan siapa yang menjadi penerima utamanya.

BCC (Blind Carbon Copy)
Jika penerima utama di kolom to dan penerima tembusn di kolom BCC maka seluruh penerima tembusan di kolom BCC tidak saling mengetahui penerima lain selain siapa penerima utamanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar